info@stem.or.id
Jl. Rd. Suhur Rt. 11, Kota Jambi, Indonesia

STEM, Bina Ilmu, Cipta Inovasi

Beranda » Kompetisi STEM

Kompetisi STEM

Kompetisi STEM, yang mewadahi keahlian di bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika, adalah wahana penting bagi siswa dan mahasiswa untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan mendemonstrasikan bakat mereka dalam inovasi teknologi. Melibatkan tantangan proyek yang kompleks, kompetisi ini memicu pemikiran kritis, kolaborasi tim, dan kreativitas, membantu peserta memahami dan mengaplikasikan konsep STEM dalam solusi nyata.

Lebih dari sekadar perlombaan, Kompetisi STEM menjadi pusat pembelajaran aktif di mana peserta dapat mengasah keterampilan teknis dan interpersonal mereka. Inisiatif ini tidak hanya memacu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga membuka peluang bagi pertumbuhan individu, mempersiapkan mereka untuk tantangan masa depan dan peran kunci dalam perkembangan teknologi global.

Kompetisi STEM 2024
STEM
STEM Project
STEM Project merupakan kompetisi yang mengajak siswa dari kelas 5 hingga 12 di seluruh Indonesia untuk mengeksplorasi dan menerapkan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam proyek-proyek kreatif mereka. Dengan fokus pada dua kategori utama, yaitu Sains dan Teknik, peserta dapat mengembangkan proyek-proyek inovatif yang mencakup segala aspek dari perencanaan hingga implementasi. Proses penyelidikan dan penerapan pengetahuan untuk merancang solusi yang praktis menjadikan STEM Project sebagai wadah untuk memupuk minat siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada akhirnya, proyek-proyek terbaik akan dihargai dan memberikan inspirasi bagi generasi penerus ilmu pengetahuan dan teknologi di Tanah Air.
Robotic
Panggung pertandingan untuk eksplorasi dan kreativitas siswa dari berbagai tingkatan, mulai dari SD hingga SMK. Dalam kompetisi ini, peserta diajak untuk mengeksplorasi dan menerapkan konsep robotika dalam memecahkan masalah dunia nyata. Baik secara individu maupun dalam kelompok, peserta akan merancang, membangun, dan menguji robot mereka dalam berbagai tantangan. Dengan menekankan inovasi teknologi, kompetisi Robotic tidak hanya membangun keterampilan teknis peserta, tetapi juga mendorong kolaborasi, kreativitas, dan penerapan konsep STEM secara holistik dalam pengembangan solusi robotik yang canggih.
Tech Innovation

Menawarkan panggung untuk para inovator muda dan kreatif untuk mengeksplorasi dan mengembangkan solusi teknologi yang revolusioner. Dengan fokus pada kategori Teknologi, peserta diajak untuk merancang, membangun, dan mempresentasikan proyek-proyek yang mengintegrasikan teknologi terbaru untuk menjawab tantangan dunia modern. Kompetisi ini tidak hanya menuntut kreativitas teknis, tetapi juga kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan pemikiran strategis peserta dalam menerapkan konsep-konsep STEM secara nyata. Tech Innovation menjadi wadah untuk memupuk semangat inovasi di kalangan siswa, membimbing mereka menjadi pemimpin masa depan yang mampu menghadirkan solusi berbasis teknologi untuk permasalahan global.

Hackathon
Ajang di mana peserta diberikan tantangan untuk mengembangkan solusi inovatif dan teknologi terapan dalam waktu terbatas. Para peserta, baik secara individu maupun dalam kelompok, akan bersaing dalam merancang dan membangun proyek-program kreatif yang memecahkan masalah dunia nyata. Dengan memadukan keterampilan pemrograman, kreativitas, dan pemikiran analitis, Hackathon mengeksplorasi potensi peserta untuk merancang solusi perangkat lunak yang relevan dan efektif. Selain itu, kompetisi ini juga menciptakan lingkungan kolaboratif di mana peserta dapat bertukar ide, belajar dari sesama, dan merasakan tantangan mengembangkan aplikasi atau program yang inovatif dalam waktu singkat.
Storytelling

Platform kreatif untuk siswa mengeksplorasi hubungan antara teknologi dan narasi. Dalam kompetisi ini, peserta diundang untuk menyusun cerita atau dongeng yang memasukkan elemen-elemen teknologi atau ilmu pengetahuan. Melibatkan imajinasi dan keterampilan naratif, peserta dapat menciptakan kisah yang unik dan menginspirasi, sekaligus menyampaikan pesan terkait STEM. Storytelling bukan hanya tentang kreativitas sastra, tetapi juga tentang bagaimana peserta dapat mengintegrasikan pengetahuan STEM ke dalam cerita untuk merangsang minat dan pemahaman yang lebih dalam tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

E-Sport
Panggung kompetitif yang mempertemukan pemain game berbakat dari berbagai kategori umur untuk bersaing dalam berbagai permainan populer. Sebagai bentuk olahraga elektronik, kompetisi ini menawarkan kesempatan bagi peserta untuk memperlihatkan keterampilan dan strategi taktis mereka dalam lingkungan virtual yang penuh tantangan. Dengan berfokus pada genre permainan E-Sport yang beragam, peserta diuji untuk menghadirkan kinerja terbaik mereka dalam turnamen yang seru. Kompetisi E-Sport bukan hanya tentang permainan, melainkan juga tentang memupuk semangat kompetitif yang sehat dan membangun komunitas gamer yang dinamis.